Cara Membatalkan Shopee Pinjaman [99% Berhasil]

  • 4 min read
  • Jan 06, 2022
Cara Membatalkan Shopee Pinjaman

Cara Membatalkan Shopee Pinjaman – Shopee Pinjam bisa dibatalkan dengan mengajukan permohonan pembatalan ke Customer Service Shopee. Bagaimana caranya? Simak cara membatalkan pengajuan Shopee Pinjam berikut ini.

Dari waktu ke waktu Shopee terus berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna. Salah satu contohnya dengan meluncurkan layanan Fintech P2P lending atau Pinjaman online bernama Shopee Pinjam (SPinjam).

SPinjam atau Shopee Pinjaman adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk meminjam uang secara tunai melalui aplikasi Shopee. Adapun besaran Pinjaman yang bisa didapatkan hingga Rp3.000.000 dengan pilihan tenor 2 sampai 3 bulan.

Dengan suku bunga yang terbilang rendah, Shopee Pinjam tentunya menjadi salah satu layanan Pinjaman online yang menghadirkan kemudahan serta kecepatan bagi pengguna Shopee.

Cara Membatalkan Shopee Pinjaman

Ketika kamu mengajukan Pinjaman lewat SPinjam, tentunya kamu sudah mengetahui besaran tagihan yang harus dibayarkan sesuai tenor yang kamu pilih.

Jika ternyata kamu berubah pikiran dan ingin membatalkan Pinjaman, kamu dapat melakukannya dengan syarat :

  • Proses pengajuan pinjaman belum di setujui oleh pihak Shopee (Pinjaman masih dalam proses verifikasi).
  • Dana Pinjaman belum dicairkan ke Rekening Bank terdaftar.
  • Akun Shopee tidak sedang dalam pembatasan atau peninjauan.

Jika ternyata Dana Pinjaman sudah di transfer ke Rekening Bank yang kamu daftarkan, maka otomatis Pinjaman tidak akan bisa dibatalkan lagi.

Fyi, cara membatalkan Shopee Pinjam hanya bisa dilakukan dengan tidak menekan tombol ajukan Pinjaman di aplikasi Shopee saja.

Tapi tenang, jika kamu tidak ingin menggunakan dana yang sudah dicairkan, kamu bisa menggunakannya untuk membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Tentunya kamu akan dikenakan biaya tambahan (bunga Pinjaman) sesuai dengan tenor Pinjaman yang kamu pilih saat mengajukan Pinjaman di aplikasi Shopee.

Cara Membatalkan Pengajuan Shopee Pinjaman

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua pengguna di aplikasi Shopee bisa mendapatkan layanan atau fitur dari Shopee Pinjam. Fitur ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang terpilih secara langsung oleh pihak Shopee (random by sistem).

Jika sudah terlanjur menekan tombol “Ajukan Pinjaman”, maka cara membatalkan pengajuan Shopee Pinjam adalah dengan menghubungi Customer Service Shopee lewat Telepon, Email atau Live Chat.

Yap, pengajuan Pinjaman Shopee Pinjam hanya bisa dibatalkan oleh pihak Shopee sendiri. Berikut panduan masing – masing cara pembatalan Shopee Pinjam diatas.

1. Membatalkan Shopee Pinjaman Lewat Telepon

Memilih menghubungi CS Shopee lewat Telepon tentunya menjadi pilihan yang paling tepat untuk meminta pembatalan Pinjaman karena pengajuan pembatalan harus dilakukan sebelum dana dicairkan.

Berikut cara membatalkan pengajuan Shopee Pinjam lewat Telepon :

  • Hubungi CS Shopee di Nomor 1500702 atau (021) 39500300 lewat panggilan Telepon.
  • Setelah terhubung ke Customer Service Shopee, segera konfirmasi kepemilikan akun Shopee sesuai pertanyaan yang diberikan CS Shopee.
  • Setelah itu sampaikan permohonan pembatalan pengajuan Shopee Pinjam dengan memberikan alasan pembatalan.
  • Jika pengajuan pembatalan SPinjam disetujui maka tim Shopee akan memproses pembatalan.
  • Jika berhasil dibatalkan, kamu akan menerima notifikasi pembatalan Pinjaman di akun Shopee kamu.

2. Membatalkan Shopee Pinjama Lewat Email

Memilih opsi Email tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama karena biasanya kamu harus menunggu beberapa hari kerja untuk mendapatkan Email balasan dari Tim Shopee.

Tapi tidak ada salahnya kamu memilih opsi ini ya. Berikut cara membatalkan pengajuan Shopee Pinjam lewat Email :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya di pojok kanan bawah Beranda Shopee.
  • Pilih menu Pusat Bantuan Shopee.
  • Selanjutnya pilih Email.
  • Kamu akan dialihkan ke halaman aduan via Email.
  • Pilih jenis pengaduan lalu isi permohonan pembatalan Shopee Pinjam pada kolom pertanyaan. Jangan lupa isikan alamat email kamu untuk mendapatkan informasi terkait pengajuan pembatalan SPinjam.
  • Tambahkan pula beberapa gambar / screenshot pendukung untuk menjelaskan alasan pembatalan secara rinci.
  • Terakhir klik Kirim untuk mengirimkan Email ke Tim Shopee.

3. Membatalkan Shopee Pinjaman Lewat Live Chat

Selain untuk pembeli atau penjual, fitur Live Chat ini juga dapat digunakan untuk memberikan aduan atau pertanyaan ke Customer Service Shopee. Hanya dibutuhkan waktu beberapa detik saja sampai CS Shopee membalas pesan melalui Live Chat.

Berikut cara membatalkan pengajuan Shopee Pinjam lewat Live Chat :

  • Pada halaman Pusat Bantuan Shopee, klik metode Live Chat.
  • Selanjutnya akan muncul pesan otomatis Shopee untuk memilih jenis pertanyaan yang akan kamu ajukan.
  • Pilih pertanyaan seputar Shopee Pinjam agar kamu langsung diarahkan ke Customer Service Shopee yang khusus menangani permasalahan SPinjam.
  • Setelah terhubung dengan Customer Service Shopee, kamu dapat menuliskan permohonan pembatalan pengajuan Shopee Pinjam.
  • Sertakan pula alasan pembatalan serta gambar pendukung agar proses pengajuan disetujui oleh Tim Shopee.
  • Setelah pembatalan Shopee Pinjam disetujui, silahkan tunggu Tim Shopee memproses pembatalan.
  • Cek halaman SPinjam untuk melihat status Pinjaman secara berkala.

Keuntungan Menggunakan Shopee Pinjaman

Sebelum membatalkan pengajuan Pinjaman Shopee Pinjam pastikan kamu sudah mengetahui beberapa keuntungan Pinjaman di SPinjam.

Shopee Pinjam sendiri sangat berbeda dengan layanan Pinjaman online lainnya, terutama dalam hal pelayanan. Adapun beberapa keuntungan menggunakan Shopee Pinjam yaitu :

1. Pengajuan Pinjaman Mudah

Proses pengajuan Pinjaman di Shopee Pinjam memang sangatlah mudah dan praktis. Untuk melakukan Pinjaman di Shopee Pinjam, kamu hanya perlu menyiapkan KTP, Rekening Bank, Nomor Telepon dan 2 kontak darurat yang bisa dihubungi.

2. Pencairan Dana Cepat

Kecepatan dalam pengajuan dan pencairan Pinjaman menjadi kelebihan utama dari layanan Shopee Pinjam. Kamu hanya membutuhkan beberapa menit saja agar uang Pinjaman tersebut bisa cair ke rekening Bank.

Dengan proses pencairan yang cepat, membuat Shopee Pinjam cocok untuk digunakan dalam keadaan darurat atau kebutuhan mendesak yang mengharuskan kamu untuk meminjam uang secara tunai dengan cepat.

3. Suku Bunga Rendah

Shopee Pinjam memiliki suku bunga yang rendah yakni sekitar 2,45℅ per bulan. Hal itu mengingat Shopee Pinjam hanya memberikan plafon Pinjaman yang tidak terlalu besar, mulai dari Rp200.000 – Rp3.000.000 dengan pilihan tenor 2 sampai 3 bulan.

Selain suku bunga rendah, Shopee Pinjam juga memiliki biaya administrasi yang cukup ringan yaitu sebesar 3℅ untuk setiap transaksinya. Namun, jika sampai terlambat membayar cicilan, maka tentunya akan dikenakan denda sebesar 5℅.

Penutup

Cara membatalkan Shopee Pinjaman adalah dengan membuat permohonan pembatalan ke CS Shopee lewat Telepon, Email atau Live Chat di halaman Pusat Bantuan Shopee.

Perlu kamu ketahui, tidak semua pengajuan pembatalan SPinjam akan disetujui. Diterima atau tidaknya permohonan pembatalan Pinjaman tergantung alasan pembatalan yang kamu berikan.

Mengajukan Pinjaman Shopee Pinjam berarti kamu sudah membaca syarat dan ketentuan (Terms of Condition) SPinjam. Jadi, bijaklah sebelum mengajukan Pinjaman ya.

Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.