Cara Membuat Facebook Marketplace

  • 4 min read
  • Nov 18, 2021
Cara Membuat Facebook Marketplace

Cara membuat Facebook marketplace memang tergolong mudah. Namun, tetap masih ada di antara Anda yang belum bisa membuatnya secara mandiri kan? Nah, perlu Anda ketahui, bahwa marketplace ini akan sangat membantu siapapun yang ingin berjualan.

Marketplace sendiri merupakan salah satu fitur terbaru Facebook. Di mana, basis berjualan di marketplace Facebook ini adalah online.

Dengan memaksimalkan penggunaan marketplace, dagangan Anda bisa menjangkau pasar lebih luas. Nah, bagaimana cara membuatnya? Yuk simak cara membuat Facebook marketplace berikut.

Pengertian Facebook Marketplace

Marketplace merupakan wadah para pedagang memasarkan produknya, dan tempat para pembeli menemukan produk yang dibutuhkan.

Karena berbasis online, tidak heran jika akhirnya berjualan di marketplace akan lebih fleksibel dan lebih mudah.

Marketplace Facebook sama halnya dengan marketplace lainnya, seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Di mana, Anda hanya perlu mengetahui cara membuat Facebook marketplace saja, dan bisa mendaftar secara gratis tanpa biaya sama sekali.

Nah, marketplace di Facebook menawarkan beberapa kategori yang akan membantu memudahkan pihak pedagang dan pembeli.

Adapun kategorinya adalah iklan baris, penawaran, pakaian dan aksesoris, elektronik, keluarga, hiburan, rumah dan taman, hobi, perumahan, dan kendaraan.

Cara membuat Facebook marketplace

Sebenarnya, cara membuat akun ntuk jualannya sama kok seperti membuat Facebook biasa. Karena poin marketplacenya hanya pada bagian postingannya.

Usai membuat akun, barulah Anda bisa mulai memposting ke marketplace. Lantas, bagaimana caranya? Nah,  agar bisa memposting produk ke tempat jualan di Facebook, pastikan dahulu bahwa Anda sudah mempunyai akun Facebook ya.

Jika sudah, barulah mulai melakukan cara-cara memposting produk ke marketplace.

  1. Buka aplikasi Facebook.
  2. Login ke akun Facebook Anda.
  3. Klik ikon ‘+ jual sesuatu.
  4. Klik produk yang akan Anda jual.
  5. Kemudian, langsung pilih saja kategori yang akan Anda jual. Misal, pakaian dan aksesoris.
  6. Masukkan juga judul yang akan dijual, lengkap dengan harga dan juga lokasi. Agar lebih lengkap, masukkan juga deskripsi produk Anda. Apabila akan menandainya sebagai item gratis, cukup masukkan saja 0 untuk harganya.
  7. Klik tambahkan 10.
  8. Pilih foto yang berkaitan dengan fotonya.
  9. Klik selanjutnya. Jika Anda menemukan tulisan ‘selanjutnya’ masih abu-abu, ini dikarenakan kategori, judul, foto, lokasi, dan harganya masih belum diisi. Maka, isi semuanya terlebih dahulu.
  10. Pilih lokasi untuk memposting. Apabila akan mempostingnya ke marketplace saja, maka klik bersihkan.
  11. Pilih terbitkan agar langsung memposting listing marketplacenya.

Jadi, Anda bisa membuatnya dengan cara di atas. Dan setelah memiliki akun Facebook biasa, Anda bisa langsung memposting saja dagangan yang akan dijual dengan cara di atas.

Gampang kan? Maka, dapat kita simpulkan, bahwa tidak ada cara khusus untuk membuat Facebook marketplace

Hal yang mesti diperhatikan sebelum jualan di Marketplace

Setelah mengetahui hal-hal di atas dan mempraktekkan cara di atas, ada hal lain yang meski Anda perhatikan.

Yakni hal-hal yang berkaitan sebelum akhirnya berjualan di marketplace. Karena memang, berjualan di marketplace juga memiliki aturan. Anda tidak bisa berjualan seenaknya.

1. Pengiriman

Hal pertama yang meski Anda perhatikan adalah masalah pengiriman. Dalam berjualan ke marketplace, pesanan meski dikirimkan 3 hari, dan akan diterima dalam kurun waktu 7 hari.

Sehingga, Anda memang meski mempersiapkan dengan matang bagaimana caranya agar semua pesanan pembeli datang sesuai dengan estimasi waktu yang ada.

2. Integrasi marketplace

Hal selanjutnya adalah dengan mengintegrasikan marketplace Facebook dengan marketplace.

Karena menariknya, marketplace Facebook sudah memungkinkan Anda untuk mensinkronkan marketplace Facebook dengan marketplace lain. Misal, Channel Advisor, Zentail, dan lain sebagainya.

3. Banyak notifikasi

Hal berikutnya adalah ramainya notifikasi. Nah, begitu menggunakan marketplace, ponsel Anda pasti akan dipenuhi dengan banyak notifikasi dari para calon pembeli.

Dan untuk membantu Anda, akan lebih baik jika memanfaatkan Messenger Chator saja dalam melayani para pelanggan.

Ketiga hal tersebut menjadi penting untuk dipertimbangkan saat Anda benar-benar akan memutuskan berjualan di Marketplace Facebook.

Kelebihan berjualan di marketplace Facebook

Di antara banyaknya marketplace, kita bisa katakan, bahwa marketplace Facebook termasuk yang ramai digunakan dan cukup worth it untuk Anda. Hal ini berdasarkan data statistic jumlah pengguna Facebook.

Banyaknya pengguna Facebook tentu bisa menjadi indikator ramai tidaknya jualan Anda. Nah sebenarnya, apa saja sih kelebihan ketika berjualan di marketplacenya Facebook.

1. Jangkauan luas.

Kelebihan pertama adalah jangkauan pasarnya yang luas. Ketika berjualan di marketplace Facebook, Anda bisa menjangkau para calon pembeli dari manapun. Baik yang di dalam negeri maupun luar negeri.

Karena memang, sistem yang digunakannya berbasis online. Apalagi nih, fitur marketplacenya memungkinkan Anda untuk mencantumkan daerah yang berbeda-beda tiap postingannya loh.

2. Mudah mendapat pelanggan

Kelebihan yang kedua adalah mudah mendapat pelanggan. Kok bisa? Karena memang algoritma Facebook akan menampilkan produk yang memang relevan untuk para konsumen.

Sehingga akan sangat membuat Anda mudah dalam menemukan  pelanggan dan mendapatkan orderan. Itu artinya, semakin banyak pelanggan, maka akan semakin besar keuntungan.

3. Proses jualannya mudah

Kelebihan yang terakhir adalah proses jualannya yang mudah. Hanya dengan melakukan cara membuat Facebook marketplace di atas, dan memposting dagangan, maka barang Anda akan masuk ke marketplace Facebook dan tampil ke beranda calon pembeli.

Meskipun hadir dengan segudang kelebihan, tetap saja, ada persaingan yang cukup ketat di marketplace Facebook yang menuntut Anda agar tetap mengetahui berbagai macam tips berjualan di marketplace.

Kita tidak dapat memungkiri, bahwa banyak sekali orang-orang yang mulai melirik Facebook sebagai wadah berjualan, terlebih lagi dengan fitur marketplacenya.

Oleh karena itu, setelah mengetahui beberapa hal penting di atas, Anda juga meski mengetahui tips jualan di marketplace Facebook. Apa saja tipsnya? Nah, berikut adalah tips sukses berjualan di marketplace Facebook yang bisa banget Anda coba.

4. Memposting dagangan secara rutin

Berdasarkan algoritma Facebook, produk-produk Anda akan semakin mudah ditemukan oleh para pelanggan ketika Anda mempostingnya secara rutin. Rutin di sini bukan hanya selama 1 atau dua hari, tapi setiap hari ya.

Bahkan, tidak sedikit loh yang menyebutkan harus memposting minimal 1o kali dalam sehari. Agar postingan tersebut tidak dihitung sebagai spam, maka berikan jeda ketika memposting. Paling tidak mulai dari 2 sampai 10 menit per postingan.

Dan jangan lupa juga untuk membedakan antara judul dan cover postingan yang satu dengan yang lain.

5. Fast respon

Tips kedua adalah, usahakan selalu fast respon ketika ada calon pembeli yang mengirimkan pesan. Karena dengan layanan fast respon bisa membuat calon pembeli merasa dihargai dan mau membeli produk yang Anda tawarkan loh.

Untuk saat ini, membalas pesan calon pembeli dengan cepat tentu bukan perkara yang sulit kan?

Demikian seputar marketplace. Semoga bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *