Cara Membuat Infografis Di Canva, Nggak Pake Ribet!

  • 2 min read
  • Des 17, 2021
Cara Membuat Infografis Di Canva

Infografis merupakan cara mudah dan menarik buat mengganti ide sebagai sumber konten visual yang luar biasa. Untuk membuat infografis yang bagus, umumnya membutuhkan skill photoshop yang cukup tinggi. Tetapi dengan adanya Canva, setiap orang dapat membuat infografis dengan gampang. Untuk itu, berikut ini merupakan cara membuat infografis di Canva tanpa ribet:

Cara Membuat Infografis Di Canva, Tidak Pake Ribet!

1. Buat Akun Canva Terlebih Dahulu

Sebelum mulai mengerjakan infografis di Canva, pengguna perlu membuat akun terlebih dulu. Pengguna dapat membuat Canva langsung di aplikasi ataupun website resmi Canva. Canva menyediakan opsi akun Google serta Facebook buat mendaftar. Apabila sudah membuat akun, pengguna dapat langsung berlangganan ataupun melanjutkan dengan mode free.

Canva dapat digunakan di aplikasi dan juga di pc. Untuk pengguna yang tidak terlalu mahir memakai pc, maka versi ponsel dapat jadi opsi. Tetapi, untuk orang- orang yang sudah akrab dengan dunia desain di pc, hingga versi Komputer dapat jadi solusi utama. Di pc, pengguna mendapatkan lebih banyak keleluasaan ruang buat mendesain.

2. Gunakan Tata Letak yang Diinginkan

Jika sudah membuat akun, maka langsung saja jelajahi tata letak yang disediakan Canva. Terdapat banyak template serta tata letak yang bisa dipilih berdasarkan preferensi. Pengguna dapat memilah template berdasarkan tema, warna, serta lain sebagainya. Dengan begini, pengguna dapat membiasakan konsep infografis dengan isi informasi yang akan di informasikan kepada audience.

Tata letak yang terdapat di Canva dibagi jadi template free serta premium. Untuk memperoleh template premium, maka pengguna wajib berlangganan terlebih dulu. Meskipun wajib mengeluarkan sedikit duit, ini sangat layak sebab pengguna dapat menemukan ribuan template dan membuka elemen- elemen lain yang tidak ada di akun jenis free.

3. Pilih Background

Canva berikan penggunanya latar belakang free serta premium buat dipilih dalam desain infografis mereka. Jika pengguna menginginkan latar belakang dengan pola, blok warna, foto, dll., pengguna akan menemukannya dengan gampang. Pengguna juga dapat meningkatkan latar belakang custom dari penyimpanan perangkat.

Mengganti latar belakang infografis di Canva juga sangat gampang. Yang butuh dicoba yaitu pergi ke‘ Menu’ serta klik‘ Latar belakang’ dan kemudian telusuri latar belakang. Pengguna juga bisa mengklik salah satu latar belakang buat mempratinjaunya di infografis. Sesudah dipilih sesuaikan tampilan, kontras transparansi, serta opsi lain dari bilah menu.

4. Tambahkan Teks

Sesudah memilih latar belakang yang bagus buat infografis, langkah selanjutnya yaitu mulai menambahkan teks. Sekali lagi, langkah ini relatif gampang. Cukup klik‘ Teks’, tentukan jenis tajuk yang mau digunakan, kemudian drag and drop jenis font yang diinginkan. Jika mau mengganti teks, maka cukup kotak teks serta tambahkan kata- kata yang diinginkan.

Pengguna dapat mengganti dimensi dan menyesuaikan posisi teks dengan infografis. Menu editor pas di bagian atas halaman memberi pengguna opsi tambahan buat penyesuaian. Sedikit cara, gunakanlah font yang cocok dengan konsep infografis. Apabila infografis bertemakan berolahraga, pakai font yang tegas. Jika memilih konsep beauty, maka pakai jenis font yang halus dan lembut.

5. Pilih Elemen Infografis

Cara membuat infografis di Canva yang terakhir adalah dengan menambahkan elemen infografis yang cocok. Elemen grafis merupakan bagian yang sangat berarti dalam suatu infografis. Canva membantu pengguna menambahkan aspek visual yang menyenangkan dan menarik ke infografis, sambil tetap mendukung poin- poin berarti yang sudah terbuat dalam teks.

Setelah semuanya selesai, download infografis dan bagikan kepada orang lain. Untuk mengunduh, cukup klik ikon panah yang terdapat di baris atas. Infografis yang dibuat juga dapat langsung di print ke media cetak.

Demikian tadi cara membuat infografis di Canva tanpa ribet yang dapat dicoba. Dengan penjelasan ini, para pembaca diharapkan dapat membuat infografis yang bagus dengan Canva walaupun tidak mempunyai skill desain yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.