Cara Menjadi Dropshipper dan Mendapatkan Barang Melalui E-commerce

  • 2 min read
  • Nov 18, 2021
Cara Menjadi Dropshipper

Cara Menjadi Dropshipper Melalui E-commerce – Bisnis dropship merupakan salah satu bisnis online tanpa modal yang sangat menjanjikan.

Apa Itu Bisnis Dropship ?

Bisnis Dropship adalah cara berjualan di online shop atau pun melalui sosial media tanpa harus memiliki stock barang. Anda hanya perlu bermodalkan foto atau gambar produk, lalu setiap kali ada pesanan cukup diteruskan kepada supplier mengenai detail pemesanan.

Supplier akan mengemas barang kemudian mengirimnya ke alamat pembeli Anda kemudian mengirim dengan atas nama Anda sebagai dropshipper.

Dropshipper sendiri adalah pelaku bisnis dropship, orang yang telah membuat perjanjian dengan supplier atau pihak yang menyetock barang.

Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper ?

Caranya sangat mudah, setelah Anda tahu dimana tempat yang dapat memberikan Anda produk untuk di jual maka Anda sudah dapat memulai bisnis jualan online sebagai dropshipper.

Salah satu cara untuk mendapatkan produk dropship yaitu melalui e-commerce atau toko online.

Menjadi dropshipper di e-commerce berarti Anda membuat sebuah kerjasama dengan para seller atau pemilik toko di e-commerce tersebut untuk memperoleh stock barang dari mereka dan dapat mulai berjualan dengan produk-produk milik mereka.

Untuk itu langsung simak saja cara menjadi dropshipper melalui Shopee dibawah ini.

Cara Menjadi Dropshipper Melalui E-commerce

1. Buat Akun E-commerce

Langkah pertama adalah membuat sebuah akun di e-commerce manapun contoh Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, dan lainnya.

Akun ini digunakan untuk Anda berjualan, kemudian juga untuk menghubungkan Anda dengan supplier atau pemilik produk.

2. Lengkapi Profil Akun

Kemudian silahkan lengkapi profil Anda se-detail mungkin agar dapat terpercaya (trusted), terlebih lagi juga pastikan semua akun terverifikasi.

Hal ini dilakukan agar supplier melihat Anda sebagai orang yang bersungguh-sungguh ingin menjualkan produk milik mereka.

3. Tentukan Produk

Cari produk target yang akan Anda jual, utamakan produk yang berpotensi agar mempermudah Anda untuk berjualan.

Menentukan produk yang akan Anda jual bertujuan agar Anda dapat mengetahui seperti apa potensi dari produk jika Anda pasarkan, hal ini perlu didukung oleh passion mengenai produk tersebut.

4. Perhatikan Harga Produk

Perhatikan produk dari segi harga, cari produk yang memiliki harga bersaing atau masih sangat murah agar bisa menjadi keuntungan bagi Anda.

Melihat dari sisi harga produk bertujuan untuk mengetahui keuntungan yang dapat Anda peroleh jika menjual dengan harga di luar patokan atau banderol milik supplier produk tersebut.

5. Membuka Toko Dropship

Buat atau buka toko milik Anda sendiri pada e-commerce tersebut untuk lapak Anda berjualan.

Toko ini dapat berada di e-commerce yang sama dengan supplier, fungsinya untuk mendisplay atau memajang produk agar dapat lebih mudah ditemukan pembeli.

6. Lakukan Kontak Dengan Supplier

Selanjutnya hubungi supplier atau toko tempat dimana produk target yang akan Anda jual, cukup katakan dan informasikan mengenai “Apakah Produk Anda Bisa Di Dropship ?”.

Untuk mendapatkan produk untuk dijual dengan sistem dropship, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pemilik produk atau supplier.

Sebagian besar supplier akan menerima secara terbuka bagi siapansaja yang ingin mendropship barangnya, karena juga akan menguntungkan baginya.

7. Buat Kerjasama Dengan Supplier

Kemudian lakukan kerjasama dengan supplier di toko online tersebut, mulai dari ketentuan, mengenai produk, pembagian komisi, dan sarana penunjang berjualan seperti foto produk dan detail informasi produk.

Pastikan Anda terus aktif menjalin koneksi dengan supplier, karena mereka adalah pihak yang akan mengemas barang dan melakukan pengiriman setiap kali ada orang yang membeli produk melalui Anda.

8. Mulai Berjualan Sebagai Dropshipper

Langkah terakhir Anda dapat mulai berjualan melalui toko online Anda di e-commerce atau juga dapat melakui sosial media untuk pemasaran.

Cukup upload produk-produk yang telah di setujui oleh supplier untuk dapat di dropship, kemudian Anda dapat mulai berjualan.

Sampai disini, seperti itulah cara menjadi dropshipper di e-commerce atau melalui platform toko online.

Pada intinya adalah menjadi dropshipper sangat mudah karena Anda cukup mencari toko/supplier untuk yang memperbolehkan untuk melakukan dropship pada barang dagangnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *