Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis: Sepenting Ini!

  • 2 min read
  • Nov 07, 2021
pentingnya manajemen keuangan dalam bisnis

Memulai bisnis bukan hal yang sulit, menurut pakar ekonomi hal yang sulit dilakukan dalam bisnis adalah mempertahankannya. Padahal dengan memperhatikan pentingnya manajemen keuangan dalam bisnis seseorang bisa meraih kestabilan.

Pendapatan bulanan yang diraih bisnis biasanya akan berimbas pada kinerja bisnis atau usaha Anda kedepannya. Karena itu ada beberapa hal terkait dengan bisnis yang harus diketahui sebelum lihai mengelolanya.

5 Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa hal yang menjadikan manajemen keuangan dalam bisnis begitu penting:

1. Menjadi Indikator Dalam Rencana Pembayaran Pajak

Badan usaha dalam bisnis yang sudah mendapatkan status legalitas, dipercaya masyarakat menjadi keuntungan tersendiri. Akan tetapi, harus melunasi biaya pajak yang sudah ditetapkan. Penetapan pajak ini berdasarkan pada kegiatan perusahaan.

Semakin banyak melakukan pendanaan dengan skala besar, semakin tinggi juga pajak yang dibayarkan. Pajak yang sudah ditetapkan dipengaruhi oleh keberadaan NPWP.

Beberapa badan usaha yang menggunakan NPWP menunaikan pajaknya sesuai dengan tagihan yang ada, berbeda dengan perusahaan tanpa NPWP yang cenderung melakukan pembayaran pajak tanpa struktur yang tepat.

Perencanaan dalam hal pembayaran pajak ini sangat terbantu dengan manajemen keuangan bisnis. Tidak semua orang lihai dalam hal perencanaan keuangan, terpenting dalam hal ini seseorang harus mau belajar.

Bayangkan saja bila perusahaan menghadapi kondisi darurat dan harus melakukan alokasi anggaran, tanpa bantuan manajemen keuangan uang wajib pajak akan terpakai dan membuat bisnis gulung tikar.

2. Menentukan Gaji Pegawai

Peran pentingnya manajemen keuangan dalam bisnis selanjutnya terdapat pada sistem gaji pegawai. Perusahaan dengan manajemen keuangan yang cerdas akan membagi gaji pegawai berdasarkan tingkatnya di struktur perusahaan.

Tujuan dari gaji yang seperti ini adalah untuk membantu menjaga stabilnya keuangan bisnis. Kalau asal-asalan dalam memberikan gaji. Akan mempengaruhi keuntungan bisnis.

Jika hal ini sampai terjadi harapan mendirikan bisnis berprofit akan sirna. Pengeluaran yang lebih besar ini akan menjadi alasan kenapa bisnis tidak berkembang pesat. Malahan semakin mundur akibat persaingan yang ketat dalam bidang usaha.

3. Mempengaruhi Bahan Baku Perusahaan

Alasan berikutnya kenapa manajemen keuangan memiliki peran penting dalam bisnis karena melalui keuangan yang stabil, maka pemilihan bahan baku utama tidak akan terganggu.

Perusahaan yang biasanya menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dengan harga yang mahal, tidak akan mungkin mencari alternatif bahan baku yang dibawah kualitas bahan baku utama.

Keuangan yang tidak baik akan membuat pembelian bahan baku menjadi terganggu dan bila sudah dihadapi dengan permasalahan bahan baku. Perusahaan hanya bisa melakukan pemilihan bahan baku cadangan ang tentu akan membuat mutu perusahaan menurun.

4. Berimbas Pada Tawaran Kerjasama

Sebelum melakukan kerja sama pasti perusahaan pihak lain akan menyelidiki terkait keuangan dari perusahaan yang Anda kelola. Permasalahan ekonomi terkait dengan keuntungan perusahaan akan menjadi faktor penting penentu tawaran kerjasama.

Jika perusahaan tidak yakin terhadap pengelolaan keuangan di perusahaan Anda. Maka secara otomatis Anda akan sulit mendapatkan tawaran. Upaya yang tersisa adalah mencari perusahaan partner yang mau mensupport perusahaan Anda.

5. Mempengaruhi Harga Saham

Pengelolaan keuangan yang baik akan menarik para investor untuk datang melakukan penanaman modal di perusahaan. Sehingga hal ini sangat dipengaruhi oleh pentingnya manajemen keuangan dalam bisnis.

Rahasia keuangan perusahaan saat masa sulit akan berimbas pada nilai jual saham. Para investor yang sudah melakukan penanaman modal pasti tidak ingin uang yang mereka tanam berubah menjadi monster, lantaran perusahaan yang dipilih mengalami masalah keuangan.

Lima keuntungan ini bisa diperoleh mudah melalui pemahaman terhadap pentingnya manajemen keuangan dalam bisnis. Beragamnya cara untuk mendapatkan kestabilan dalam keuangan bisa Anda tempuh khususnya untuk membuat bisnis tetap berada di arena aman.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *